ROSEMARY DAN MANFAATNYA

Rosemary

TAHUKAH ANDA, APA NAMA TANAMAN INI DAN APA MANFAATNYA ?

Rosemary

Rosmarin (Rosmarinus Officinalis) adalah tanaman atau tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak dengan nama yang sama.

Si Rempah Super

Oleh generasi Indonesia sekarang, yang tidak mengenal nama bumbu ini dalam bahasa Belanda, ia lebih dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya, Rosemary.

Bumbu Masak Rosemary

Rosmarin  atau Rosemary bisa dipakai pada kuliner kawasan Laut Tengah, seperti masakan Italia, Yunani, Turki, serta daerah Levantia.


Rosemarin

Tumbuhannya relatif tahan kering, serta memiliki khasiat pengobatan serta pengusir serangga serta hama lainnya.

Teh Rosemary

Teh Rosemary dapat membantu mengatasi masalah reumatik dan gejala flu. Tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai teh maupun bahan makanan.


Rosemary Oil

Tanaman ini banyak mengandung zat besi, kalsium, vitamin B6 serta zat-zat lainnya yang baik buat kesehatan. Dan berikut ini adalah manfaat tanaman Rosemary bagi kesehatan :


1. Memelihara kesehatan otak

Kandungan zat antiradang dan antioksidan dalam Rosemary terlihat dapat mengurangi risiko terjadinya penurunan daya ingat dan gangguan konsentrasi.

Tak hanya itu, berbagai studi kesehatan juga menunjukkan bahwa ekstrak rosemary terlihat dapat membantu melancarkan aliran darah pada otak dan memelihara kesehatan sel-sel otak agar tercegah dari demensia dan penyakit Alzheimer.

 

2. Membantu melindungi otak

Manfaat rosemary juga dirasakan oleh otak dan sistem saraf. Menurut ahli, rosemary mengandung zat yang disebut sebagai asam karnosik. Asam karnosik dapat menangkal kerusakan yang dipicu oleh radikal bebas di otak. Selain itu, beberapa penelitian yang diujicobakan pada tikus menyimpulkan, Rosemary memiliki potensi manfaat untuk pasien yang menderita stroke. Rosemary dipercaya mampu melindungi otak dari kerusakan dan meningkatkan pemulihan.

 

3. Melawan radikal bebas dan peradangan

Rosemary kaya dengan molekul antioksidan dan senyawa antiperadangan. Dengan begitu, Rosemary diyakini memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit. Tak hanya itu, tumbuhan yang sering ditambahkan dalam kuliner ini juga berpotensi untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Sebagai informasi, molekul antioksidan diperlukan tubuh untuk melawan radikal bebas berlebih. Radikal bebas berlebih merupakan penyebab stres oksidatif dan menimbulkan penyakit.

 

4. Menyuburkan pertumbuhan rambut

Bagi Anda yang mengalami kebotakan, senyawa yang terkandung di dalam minyak rosemary dapat membantu menstimulasi pertumbuhan rambut.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa penggunaan minyak rosemary dengan cara dioleskan pada kulit kepala 2 kali sehari selama enam bulan terlihat dapat menebalkan dan merangsang pertumbuhan rambut. Efektivitas minyak rosemary bahkan dikatakan hampir serupa dengan obat penumbuh rambut minoxidil.

 

5. Menurunkan kadar gula dalam darah

Rosemary memiliki kandungan asam karnosik dan asam rosmarinik yang memiliki efek menyerupai hormon insulin. Oleh sebab itu, tanaman herbal ini dianggap baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil. Meski demikian, efektivitas rosemary jika digunakan sebagai obat alternatif untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes masih perlu diteliti lebih lanjut. Jika Anda memiliki penyakit diabetes atau tengah mengonsumsi obat antidiabetes, sebaiknya penggunaan obat atau suplemen herbal rosemary dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

 

6. Menjaga kesehatan mata

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak rosemary terlihat dapat memelihara kesehatan mata dan mengurangi risiko terjadinya penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan, misalnya degenerasi makula. Selain itu, kandungan antioksidan asam rosmarinik dalam rosemary juga diduga dapat mencegah penyakit katarak dan menghambat perkembangannya agar tidak menjadi katarak yang berat.

 

7. Berpotensi melawan sel kanker

Manfaat Rosemary lainnya yang menakjubkan adalah melawan sel kanker. Dibuktikan oleh kajian akademik, ekstrak rosemary dapat memperlambat leukemia (salah satu jenis kanker darah) serta sel karsinoma payudara.

Tak sampai di situ, Rosemary juga memiliki potensi sebagai antiradang dan antitumor. Penelitian lain dalam Journal of Food Science juga menemukan, ekstrak rosemary yang ditambahkan ke daging sapi dapat mengurangi pembentukan agen penyebab kanker yang dapat berkembang selama proses memasak.

 

8. Memperbaiki suasana hati

Terdapat beberapa studi yang menyatakan bahwa Rosemary terlihat dapat memberikan efek relaksasi, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, hingga meredakan stres dan rasa cemas. Manfaat tersebut bisa diperoleh dari penggunaan Rosemary sebagai teh herbal atau sebagai aromaterapi.

 

9. Meringankan nyeri

Minyak esensial rosemary diketahui mengandung zat antiradang yang dapat membantu meredakan nyeri. Zat antiradang ini terlihat dapat membantu meringankan nyeri akibat nyeri otot, nyeri sendi, dan kram atau nyeri saat menstruasi.

 

10. Menyembuhkan penyakit tulang dan sendir

Penyakit tulang dan sendi seperti rematik juga bisa diobati dengan daun rosemary. Kandungan senyawa dalam daun ini mencegah kekambuhan rematik dan mengobatinya ketika menunjukkan gejala yang lebih parah.

 

11. Mengatasi penyakit flu

Flu yang disebabkan oleh virus dapat diatasi dengan obat-obatan herbal dari daun rosemary. Daun ini memiliki antivirus dan bakteri yang efektif untuk mencegah penyakit menular seperti flu.

 

12. Mengatasi perut kembung

Minyak dari tanaman rosemary sangat efektif sebagai obat. Ini khususnya tersebar luas di bidang farmasi. Minyak rosemary biasanya diolah menjadi bentuk herbal yang memiliki kemampuan menyembuhkan perut kembung dan juga beberapa masalah kesehatan lainnya.

 

Teh Rosemary


Efek Samping Rosemary

Meski memiliki manfaat untuk kesehatan, namun ternyata rosemary juga memiliki efek samping. Suplemen atau teh herbal rosemary sebaiknya tidak dikonsumsi apabila Anda memiliki alergi terhadap obat aspirin. Hal ini karena rosemary mengandung zat kimia salisilat yang memiliki struktur kimia dan efek menyerupai aspirin.

Jika dikonsumsi sebagai bumbu masakan, Rosemary umumnya cukup aman digunakan dan jarang menimbulkan efek samping. 


KOMPOSISI MINYAK VARASH

Tanaman Rosemary ini menjadi salah satu ramuan dalam membuat minyak varash (Varash Classic dan Varash Natural Oil) yang diramu dengan berbagai tanaman berkhasiat lainnya, baik daun, akar, batang, bunga, buah dan bijinya sehingga memberikan manfaat semaksimal mungkin.

Rosemary

Salam Sehat, Sukses dan Bahagia,

 

SARI VARASH CENTER


Tidak ada komentar:

Posting Komentar